Wednesday 1 February 2012

Cara Instalasi Script

Buat Sebuah Database Melalui Cpanel
Saya anggap anda sudah memiliki Domain dan Hosting untuk Script Website anda, Silahkan masuk ke Cpanel Hosting anda dengan cara masukan URL http://namaweb.com/cpanel lalu masukan username dan password yang di berikan perusahaan hosting kepada anda tentang data-data cpanel untuk pengelolaan hosting anda.

Jika sudah login maka tampilan hosting anda akan seperti ini :



Sekarang silahkan anda cari link MySQL Database Wizard lalu klik untuk membuat database secara tahap demi tahap hinngga selesai



Masukan Nama Database yang ingin anda buat sebagai contoh di sini saya membuat nama database dengan nama "dataku" maka database anda nantinya akan menjadi "usernamecpanel_nama-database" sebagai contoh di sana saya gunakan demo cpanel untuk winbox dan saya memiliki database dengan nama "winbox_dataku" ingat nama user cpanel harus di masukan dalam nama database.



Jika sudah mengerti silahkan lanjutkan pembuatan database dengan menekan tombol Next Step untuk melanjutkan



Masukan username untuk database yang anda buat tadi, di sini saya masukan sebuah user database dengan nama "userku" maka username database yang saya miliki adalah "usercpanel_userdatabase" yaitu "winbox_userku" lanjutkan dengan masukan password untuk database yang anda buat, semua data yang anda inputkan sangat berguna untuk setting konfigurasi script oleh karena itu saya harap anda menuliskannya satu per satu mulai dari nama database, user database, hingga password, jika anda sudah paham silahkan lanjutkan dengan menekan Create User.



Beri otorisasi kepada username database untuk mengelola semua feature database dengan cara menekan kotak "ALL PRIVILAGES" untuk memberi tanda ceklist kepada semua feature yang tersedia. Jika sudah silahkan lanjutkan dengan menekan Tombol Next Step.



Maka Selesailah sudah proses pembuatan database.


Import Database Ke Cpanel
Setelah anda membuat sebuah database melalui Hosting Cpanel anda, langkah berikutnya adalah melakukan import database (Dumping) masih dari cpanel juga silahkan anda cari link "Phpmyadmin" untuk mulai melakukan import database, adapun file database terdapat dalam folder Database pada script yang telah anda download di aksindo.



Silahkan Klik Link Icon phpMyadmin



Klik pada nama database yang terdapat di sebelah kiri atas database ini adalah database yang telah anda buat



Lalu Klik Pada Menu Link Import untuk mulai import database.



Lalu Klik Tombol Browse untuk mencari file database.sql yang terdapat di folder Database script yang telah anda download dari aksindo.



Cari file bernama database.sql yang terdapat di Folder Database jika sudah ketemu silahkan klik nama database tersebut lalu klik Open



Selanjutnya Klik Tombol Go yang terdapat di pojok bawah kanan, lalu perhatikan nama tabel database akan muncul di sebelah kiri seperti berikut ini jika muncul maka proses import database telah berhasil di lakukan.




Edit File Keneksi Database

Pada tahap ketiga ini adalah melakukan editing file koneksi ke database, untuk editing di perlukan software bernama "Dreamwaver" jika anda belum memilikinya silahkan anda download softwarenya klik di sini, jika sudah punya mari kita lanjutkan untuk proses editing file koneksi, silahkan anda buka folder script di komputer anda dan cari file bernama "configdb.php (untuk yang MLM)" atau "setdatabase.php (untuk yang Matrix)"lalu bukalah file tersebut, dan lihatlah baris 10,11,12,13 baris inilah yang akan kita edit.



usercpanel di isi dengan usercpanel masing-masing yang di berikan perusahaan hosting tentang cpanel website anda, pada baris 10 isi dengan username database yaitu "usercpanel_userku", pada baris 11 masukan password untuk database anda sebagai contoh tadi saya masukan password dengan "123456" pada baris 12 masukan usercpanel pada deret kode tersebut, Pada Baris 13 masukan nama database yang telah anda buat tadi yaitu "usercpanel_dataku", jika sudah selesai silahkan simpan editing file tersebut dengan menekan tombol Menu File kemudian Save


Upload File Ke Hosting

Untuk tahap keempat ini yaitu melakukan Upload File Script ke hosting, untuk melakukan upload ada berbagai cara di antaranya menggunakan bantuan software CuteFTP agar lebih mudah, jika anda belum memilikinya silahkan download software CuteFTP tersebut Klik Di Sini, jika sudah punya silahkan jalankan software tersebut.



Jika sudah muncul tampilan awal Aplikasi CuteFTP mulailah dengan menekan tombol Menu File - Quick Connect, masukan pada kotak Host dengan "Nama Website anda" pada kotak Username masukan "username cpanel" pada kotak password masukan "password cpanel" pada kotak Port isi angka "21" jika sudah terisi semua silahkan klik Tombol Connect yang berbentuk seperti gambar halilintar di sebelah kanan, he..he..

Jika komputer anda terhubung dengan Hosting anda maka tampilan di sebelah kanan akan terisi dengan data-data yang ada di Hosting sedangkan di sebalah kiri adalah data-data di komputer kita.



Semua file harus di simpan di Folder Public_html, jika sudah muncul seperti gambar di atas, silahkan anda klik 2 kali Menu Public_html maka area kosong hosting anda akan terbuka, mulaikan tarik semua data file script anda dari sebelah kiri ke sebelah kanan (drag) sampai semua file berpindah tempat ke sebelah kanan, jika sudah maka proses upload telah selesai di laksanakan, silahkan test website anda dengan mengetikan URL http://namaweb.com

Install Selesai

Masuk Admin Area
Untuk Masuk ke Admin area website anda silahkan anda masukan Link URL berikut : http://namaweb.com/admin

User : admin Pasw : admin

Anda bisa melakukan konfigurasi website anda dari admin area,

Source: http://aksindo.com/?m=installasi

No comments:

Post a Comment